Review Red Dead Redemption 2 (PC)

5 min read

Review

Red Dead Redemption 2 (PC)

Game Koboi! Begitulah ketika kita mendengar nama franchise Red Dead Redemption (RDR) dari racikan Rockstar Games yang juga merupakan pengembang franchise ikonik lainnya seperti Grand Theft Auto (GTA), Bully, L.A Noire, Max Payne, dan Midnight Club. RDR memulai debutnya di konsol PS3 dan XBOX 360 pada tahun 2010 dengan merilis seri pertama Red Dead Redemption. Pada tahun 2018 yang lalu Rockstar Games akhirnya melanjutkan sequel dari game koboi tersebut, Red Dead Redemption 2, yang awalnya dirilis untuk konsol PS4 dan XBOX ONE. Hal inilah yang membuat para PC Gamer kecewa di tahun itu karena mereka tidak bisa merasakan salah satu game terbaik di tahun 2018, namun satu tahun kemudian Rockstar Games berbaik hati kepada PC Gamer dan merilis game ikoniknya itu ke – PC.

 GAMEPLAY :

RDR 2 merupakan game open-world yang bersetting di zaman Wild West, kehidupan dimana para outlaw dan sheriff saling berdampingan, kerasnya kehidupan, banyak dijumpai para peternak, serta para Indians!. RDR 2 pada dasarnya adalah GTA namun tidak ada mobil, motor, helicopter, bahkan pesawat karena kendaraan di game ini hanyalah kuda yang setiap saat hadir untuk player.

  1. Kuda

Terdapat berbagai jenis kuda mulai dari sport, runner, dan bahkan model kuda perang. Kuda yang dimiliki nantinya dapat digunakan untuk menyimpan senjata yang dimiliki pemain. Hal yang menarik dari kuda yang dimiliki sang pemain adalah adanya sistem bonding yang diharapkan sang pemain dan kuda untuk meningkatkan level bonding tersebut karena nantinya dapat meningkatkan status dari kuda yang dimiliki. Dalam meningkatkan level bonding cukuplah mudah, pemain bisa melakukan berbagai cara seperti memberi makan, menyimpang hasil buruan di kuda, membersihkan kuda, dan membuat nyaman kuda hanya dengan mengelus-elus kuda. Pemain juga dapat membeli atau bahkan mencari kuda di alam liar, penulis sarankan jika anda sedang bermain game ini diawal permainan dan ingin mencari kuda maka jangan membeli kuda terlebih dahulu, carilah kuda White Arabian di sekitar Lake Isabela.

  • Senjata

Senjata dalam game Red Dead Redemption 2 sangatlah beragam jenisnya. Umumnya senjata-senjata koboi klasik seperti revolver, repeater, sawed-off shotgun, sniper rifle dan bahkan panah. Senjata yang dipakai pemain nantinya bisa dimodifikasi dari mulai warna senjata hingga menaruh ukiran-ukiran di senjata. Setiap senjata memiliki tiga jenis model peluru, bisa pemain beli di gun store atau juga bisa membuatnya di fire camp. Perlu diingat apabila pemain telah menggunakan senjata cukup lama maka sering-seringlah membersihkan senjata agar akurasi dan damage senjata itu bisa normal kembali (Kecuali panah).

  • Camp

Hal baru yang ditawarkan dalam game ini adalah adanya mekanisme camp dimana pemain bisa membuat camp sendiri. Dalam camp ini pemain dapat berisitirahat, membuat makanan atau minuman, membuat peluru atau busur, dan bisa fast travel (fitur ini hanya ada di PC). Untuk membuat camp cukup mudah, pemain hanya mengaktifkan menu yang ada di kuda pada slot items.

  • Hideout Camp

Hideout camp merupakan tempat singgah utama pemain yang mana disini pemain tidak hanya sendirian namun juga ditemani oleh berbagai macam NPC utama yang terdapat di game ini. Ketika di hideout camp biasanya NPC mengajukan side quest kepada pemain yang bisa pemain terima atau tolak. Hideout camp menyediakan kebutuhan logistik dan suplai senjata bagi pemain.

  • Hunting

Pemain juga bisa melakukan quest hunting atau free hunting untuk mendapatkan hewan-hewan yang berkualitas nantinya kulit dari hewan hasil buruan dapat digunakan untuk crafting atau juga bisa berburu untuk dikonsumsi dagingnya untuk membuat makanan agar status health dan stamina pemain bisa stabil kembali. Terdapat banyak jenis hewan yang hidup di dunia RDR 2 seperti beruang, serigala, singa, elang, ikan, rusa, buaya, dan lain sebagainya.

  • Dead Eye

Dead Eye merupakan ability yang dimiliki oleh pemain yang mana ability ini apabila diaktifkan akan memunculkan efek slow-motion untuk memudahkan pemain melumpuhkan musuh-musuh. Kemampuan ini apabila diaktifkan akan mengurangi stamina dari Dead Eye itu sendiri (status terdapat di atas map berbentuk icon mata). Untuk mengisi ulang Dead Eye pemain cukup memberi karakter yang dipakai dengan makanan atau minuman yang dapat meningkatkan stamina Dead Eye.

  • Thieving and Bank Robbery

Dalam game ini pemain juga dapat melakukan pencurian baik di toko-toko kecil yang ada di sekitar kota bahkan bank sekalipun. Pemain cukup mengancam dan menodongkan senjata ke arah penjaga toko atau manager bank dan nantinya mereka akan menyerahkan uang kepada anda, namun jika pemain melakukan pencurian bank maka nantinya pemain dituntut untuk membuka kunci yang terdapat di brangkas uang. Ingat! Apabila anda melakukan tindakan tersebut maka anda akan berurusan dengan sheriff berkuda yang sudah siap menodongkan revolver dan senjata laras panjang ke arah kepala anda.

  • Side Mission dan Bounty Mission

Sudah menjadi tradisi pada game open-world adanya side quest disamping main quest atau main story. Side mission di game RDR 2 sangat variatif dan tidak repetitif, pemain akan merasakan bejibun side mission  yang ada pada game ini. Untuk menemukan side mission sangat mudah, pemain bisa menemukannya apabila sedang berkuda dan muncul ikon tanda tanya berwarna putih cukup dekati maka aka nada NPC yang menawarkan side quest kepada pemain. Adapun untuk bounty mission, pemain cukup ke kantor polisi atau sheriff, disitu mereka akan memasang poster dengan hadiah uang yang didapatkan apabila pemain berhasil menangkap kriminal yang dicari.

  • Fitur lain-lain

Banyak fitur lainnya seperti pemain dapat bersosialisasi ke NPC dengan menekan tombol tertentu yang ada pada samping kanan layar, membeli dan berganti pakaian, mengganti saddle kuda, meningkatkan fasilitas di hideout camp, memancing, singgah di hotel untuk mandi atau menginap dan masih banyak fitur-fitur lainnya yang ada di game ini. Penulis sarankan untuk mainkan langsung gamenya agar bisa merasakan betapa banyak fitur di game ini 😀

PLOT :

Red Dead Redemption 2 adalah sebuah game yang menceritakan kehidupan seorang karakter bernama Arthur Morgan yang merupakan anggota dari geng Dutch Van Der Linde. Mereka adalah komplotan kriminal yang dicari oleh agen penegak hukum terkenal Jim Milton dan kawan-kawan (The Pinkertons) karena telah melakukan pencurian besar-besaran di kota Blackwater, namun pencurian yang mereka lakukan gagal sehingga membuat mereka kabur                                                                                                                                                                                                                                                                                                menjauh dari kota  itu. Peristiwa yang dialami komplotan gengnya ini membuat mereka harus berpindah-pindah tempat untuk menghapus jejak kriminalitas mereka. Arthur Morgan dan geng harus mencuri, merampok, dan melawan agar bisa bertahan di kerasnya kehidupan Wild West Amerika.

Score Review :

Akhir kata score yang penulis berikan untuk game ini dari skala 1 sampai 10, maka score yang cocok untuk game ini adalah 10! Ya kalian tidak salah membacanya, terlepas versi PC di awal rilis game ini belum dirasa compatible tapi dari segi cerita, atmosfer game dan segi gameplay patut diacungi dua jempol. Red Dead Redemption 2 adalah sebuah masterpiece yang seharusnya tidak terlewatkan untuk dimainkan bagi kalian yang mengaku gamer!. Meskipun di tahun 2018 game ini gagal untuk meraih penghargaan Game of The Year 2018 versi The Game Award, namun di mata penulis game ini merupakan Game of The Year sekaligus Game of The Decade!. Bagi kalian PC Gamer yang memiliki rig masterrace sangat direkomendasikan untuk mencoba dan menamatkan game ini, penulis yakin kinerja PC anda akan sangat keras untuk menjalankan game ini. Penulis sendiri dalam memainkan game ini hanya bermain di settingan campuran high dengan medium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *